-->

Hot News

Australia Siapkan $ 5 Juta untuk Penanggulangan Gempa dan Tsunami Sulteng

By On Rabu, Oktober 03, 2018

Rabu, Oktober 03, 2018

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Australia akan menyediakan paket bantuan kemanusiaan tambahan senilai $ 5 juta untuk mendukung Pemerintah Indonesia dan mitra-mitra kemanusiaan menanggapi musibah gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah. 

Dana tersebut menyusul pengumuman bantuan awal Perdana Menteri sebesar $ 500.000 kepada Palang Merah Indonesia (PMI) untuk makanan dan peralatan bantuan penting seperti selimut dan terpal.

Dana tambahan kepada PBB dan mitra kemanusiaan lokal ini akan menyediakan tempat penampungan sementara, akses ke air minum bersih dan layanan kesehatan bagi mereka yang terluka dan terlantar.

Australia berencana untuk mengirimkan tim medis dan saat ini bekerja dengan Pemerintah Indonesia untuk menentukan di mana mereka akan ditempatkan untuk mendukung upaya-upaya bantuan.

Melalui siaran pers Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia yang diterima masalembo.com, Rabu (3/10), Pemerintah Australia menyatakan berada dalam posisi untuk menyediakan pasokan bantuan darurat kemanusiaan termasuk perlengkapan tempat tinggal, air, dan peralatan kebersihan.

"Australia juga menawarkan aset Angkatan Pertahanan untuk membantu Pemerintah Indonesia dalam upaya tanggap bencana mereka," kata Jenna Han dari Kedutaan Australia untuk Indonesia dikonfirmasi jurnalis masalembo.com Harmegi Amin

Kata Han, area terpencil dan hilangnya infrastruktur komunikasi masih membuat pihak berwajib Indonesia kesulitan menilai dampak bencana secara keseluruhan saat ini.

"Pemerintah Australia berdiri bersama dengan Pemerintah Indonesia dalam memberikan bantuan bagi masyarakat Indonesia yang terkena dampak musibah ini," terangnya. (rls/har)

comments