-->

Hot News

Mantan Kepala Ortala Pemprov Sulbar Dilantik Jadi Pj Sekda Majene

By On Jumat, September 04, 2020

Jumat, September 04, 2020


MAJENE, MASALEMBO.COM- Mantan Kepala Organisasi dan Tatalaksana (Ortala) Sekretariat Daerah Pemprov Sulbar, Masriadi Nadi Atjo, resmi dilantik menjadi pejabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Majene. Pelantikan oleh Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar digelar di ruang pola kantor bupati Majene, Jumat (4/9/2020).

Gubernur Ali Baal Masdar dalam sambutan pelantikan ini mengatakan, pengangkatan Pj Sekda Majene sebagaimana diatur dalam ketentuan Pasal 10 Ayat 2 Huruf B Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pejabat Sekretaris Daerah.

Ali mengatakan bahwa apabila dalam jangka waktu 3 bulan terjadi kekosongan Sekretaris Daerah terlampaui, dan belum ditetapkan Sekda yang definitif maka Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat di daerah dalam waktu paling lama 5 hari kerja menunjukkan pejabat Sekda Kabupaten/Kota yang memenuhi persyaratan.


Selain itu, Ali menambahkan, pada Pasal 4 huruf A Peraturan Mendagri Nomor 91 tahun 2019 tentang penunjukan pejabat Sekretaris Daerah, bahwa pejabat Sekda Kabupaten/Kota yang ditunjuk gubernur harus memenuhi persyaratan menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama eselon IIB Pemerintah Daerah Provinsi.

Ali Baal juga menyebut Pasal 8 Peraturan Mendagri Nomor 91 Tahun 2019 yang menjelaskan, apabila bupati tidak melantik pejabat Sekretaris Daerah 3 hari sejak surat keputusan gubernur diterima, maka gubernur melantik pejabat Sekretaris Daerah. 

"Atas dasar itulah hari ini dilakukan pelantikan pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Majene," ujar Ali Baal.

Gubernur menegaskan, Sekretaris Daerah merupakan jenjang jabatan tertinggi ASN di daerah maka Pj Sekda terlantik harus bisa menjadi teladan bagi seluruh ASN di daerah ini, dengan bekerja sebagai pelayan yang profesional transparan dan akuntabel.

"Segera laksanakan pengisian Sekda melalui seleksi terbuka sesuai dengan ketentuan yang berlaku," pinta Ali Baal.

Gubernur ABM juga menyinggung soal Pilkada 2020. Ia mengatakan penyelenggaraan Pilkada pada tanggal 9 Desember 2020 termasuk di Kabupaten Majene, Pj Sekda harus memberi dukungan untuk kelancaran seluruh tahapan Pilkada termasuk memastikan netralitas ASN.

"Yang sangat penting juga terus berupaya menggerakkan potensi masyarakat untuk mencegah penularan covid 19 dalam setiap aktivitas termasuk Pada pelaksanaan Pilkada," ujar ABM.

Tampak hadir pada pelantikan ini, Wakil Bupati dan Ketua DPRD Majene, Sekprov Sulbar Muhammad Idirs, Pj. Sekda Majene sebelumnya Burhan Usman dan Asisten I Setprov Sulbar Muhammad Natsir. Selain itu, beberap pimpinan OPD Sulbar dan Pemkab Majene. (Adv/red)

comments