-->

2 Rumah Warga Tapango Tersapu Banjir Bandang, Akses Jalan Terputus

On Rabu, Januari 13, 2021

MASALEMBO.COM

Rumah warga Tapango roboh tersapu banjir bandang (Foto: Ist/Masalembo.com)


POLEWALI, MASALEMBO.COM - Banjir bandang menerjang Dusun Tappang, Desa Kalimbua, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar, Sulbar, Rabu (13/1/2021) sore. Setidaknya lima rumah warga mengaami rusak parah akibat banjir bandang luapan sungai di sekitar perkampungan tersebut.

Informasi dari warga setempat, terdapat dua rumah warga dilaporkan rata dengan tanah, akibat disapu banjir bandang. Sementara tiga rumah lain rusak parah. Puluhan rumah lain terdampak banjir usai hujan deras mengguyur kawasan ini.

Kapolsek Tapango, Ipda Taufiq Murwanto mengatakan, tanah longsor disertai banjir bandang terjadi akibat tingginya curah hujan yang melanda daerah ini sejak sepekan terakhir. Material banjir bandang terdiri dari tanah berlumpur, bebatuan hingga batang pohon yang menghancurkan rumah warga di sisi jalan.

"Memang di lokasi infonya sering hujan, longsor terjadi usai hujan deras mengguyur," jelas Taufiq melalui sambungan telepon.

Hingga saat ini, Taufik mengaku belum menerima laporan korban jiwa dari peristiwa tersebut. Namun sementara, warga yang rumahnya hancur diterjang longsor mengungsi ke rumah sanak keluarga.

Taufik menambahkan, saat kejadian, kondisi kampung terdampak banjir bandang dan tanah longsor sementara sepi. Sebagian warganya diketahui sedang menghadiri acara warga di dusun tetangga.

"Kebetulan saat kejadian, kampung lagi sepi. Sebagian warganya sedang menghadiri acara di kampung tetangga," imbuhnya.

Selain menghayutkan dan merusak lima rumah warga, banjir bandang serta tanah longsor ini juga menutup akses jalan ke desa tetangga serta memutus salah satu jembatan gantung di daerah itu. Taufik menuturkan, peristiwa ini telah dikomunikasikan dengan pihak terkait untuk penanganan lebih lanjut. (Plm/Red). 

comments