-->

Disdik Majene Verifikasi Data Monev Pasca Gempa, Puluhan Sekolah Alami Rusak Berat

On Rabu, Februari 03, 2021

MASALEMBO.COM

Tim Monev Disdik Majene saat mengunjungi sebuah sekolah di Kecamatan Malunda yang rusak parah karena gempa. (Foto: Masalembo/Ist)


MAJENE, MASALEMBO.COM - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat melakukan verifikasi hasil monitoring dan pendataan sekolah yang rusak pasca terjadinya gempa berkekuatan 6,2 magnitudo 15 Januari lalu.

Kepala Bidang Ketenagaan Disdikpora Majene, Nurdin mengatakan, pendataan dilaksanakan pada 30 -31 Januari berselang satu pekan usai peristiwa gempa. 

Pendataan untuk menindaklanjuti permintaan data ke Kementerian Pendidikan & Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia.



"Kami beranggotakan 20 orang dari Diknas beserta para operator dan Kepsek seluruh sekolah naungan Diknas Majene di Kecamatan Ulumanda Ulumanda. Tujuan monve ini untuk mengumpulkan data real time keadaan sekolah (Sarpras), guru (keadaan fisik diri) dan keluarga rumah dan lokasi pengungsiannya masing-masing," kata Nurdin.

Selain itu, Disdik Majene juga mendata siswa terdampak gempabumi yang berpusat di Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene itu.

Nurdin mengatakan, hingga kini pendataan dan verifikask telah selesai tinggal entri data yang bakal dikirim ke pusat. "Kalau sarana sudah selesai, ini tinggal siswa, entrinya belum selesai," ujar Nurdin ditemui Dikantor Disdikpora Majene, Senin (9/8/2021).


Nurdin mengatakan, berdasarkan hasil pantauan langsung ke lapangan, ditemukan sekitar 70-an sekolah mengalami kerusakan. Mulai rusak ringan, sedang hingga berat.

"Satu minggu kita maksimalkan, nanti datanya dikirim ke Kementerian, kita memang diminta data," pungkas Nurdin. (Adv/Red)

 

comments