-->

BMKG : Sulbar Masuk Zona Rawan Bencana Gempa

On Minggu, Mei 09, 2021

MASALEMBO.COM



MAMUJU, MASALEMBO.COM - Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Dr. Daryono menyebut, Sulawesi Barat (Sulbar) masuk dalam zona rawan terjadinya gempa.

Daryono menyarankan pemerintah agar gencar dalam melakukan mitigasi bencana khususnya gempa dan tsunami. 

Sementara itu, National Director Habitat For Hummanity Indonesia Susanto Samsuddin menyampaikan, sejak berdiri pada tahun 1997, organisasinya mulai terlibat dalam respon bencana sejak tahun 2002. 

"Ada 14 provinsi yang sudah dijadikan intervensi dan lebih dari 90 ribu keluarga mulai dari Aceh dan terakhir Mamuju," ujarnya saat acara maestro talkshow Indonesia waspada gempa yang dikemas dalam bentuk webinar dengan menghadirkan tiga pemateri yakni Bupati Mamuju. Hj. Sitti Sutinah Suhardi, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Dr. Daryono dan National Habitat For Hummanity Indonesia. Minggu (9/5/2021).

Bupati Mamuju Siti Sutinah Suhardi menyampaikan kepada pihak Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), yakni berharap adanya pengembangan spesifikasi BKMG, perlunya pengembangan SDM sehingga dapat menjadi pesan berantai dan diteruskan ke pemangku kebijakan.

Selain itu, perlu adanya spesifikasi stasiun, seperti stasiun geofisika, maritim dan stasiun klimatologi agar lebih efektif dan maksimal dalam memberikan informasi kepada yang membutuhkan. (Fad/red)

comments