-->

SDK Buka Secara Resmi Bimtek dan Sosialisasi Rehabilitasi Mangrove di Mamuju Tengah

On Rabu, November 03, 2021

MASALEMBO.COM




MATENG,MASALEMBO.COM-Anggota DPR RI Dapil Sulawesi Barat, DR. H. Suhardi Duka MM, membuka secara resmi Bimbingan Tekhnis Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan bertempat di Wisma Tiga Putra Belawa, Dusun Bayor, Desa Topoyo, Kecamatan Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah, Rabu (3/11/2021).

Dengan tema "Percepatan Rehabilitasi Mangrove di Sulawesi Barat Tahun 2021, kegiatan tersebut memaparkan pengetahuan terkait cara pengembangan tanaman mangrove.

DR. H. Suhardi Duka, MM, saat memberikan sambutan serta membuka kegiatan Bimtek Rehabilitasi Mangrove.


Dalam sambutannya, Suhardi Duka yang akrab disapa SDK memberikan pemahaman betapa pentingnya mangrove untuk wilayah pesisir, disamping meningkatkan oksigen secara alami juga dapat mencegah abrasi.

"Tanaman mangrove, selain untuk mencegah terjadinya abrasi, juga dapat menjadi objek wisata jika dikelola dengan baik," katanya

Sehingga, lanjut ia dapat meningkatkan potensi perekonomian masyarakat setempat.

Ditempat yang sama, Kepala BPDAS Lariang Mamasa, Marthen Baturante mengatakan program rehabilitasi mangrove bisa membantu perekonomian warga. Hal ini pun sejalan dengan tujuan pemulihan ekonomi nasional (PEN) di masa pandemi.

"adanya sumber penghasilan tambahan tersebut merupakan tujuan jangka panjang program rehabilitasi mangrove," tutur Marthen

Kata Marthen, pulihnya ekosistem mangrove bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan, seperti melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air laut, meningkatkan produksi hasil laut, serta dapat menjadi destinasi ekowisata.

sam

comments