-->

Momentum MTQ ke IV, Bupati Buteng Ajak Masyarakat Mengamalkan Ajaran Alquran

On Senin, Februari 14, 2022

MASALEMBO.COM


BUTON TENGAH, MASALEMBO.COM - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton Tengah melalui bupati Samahudin membuka acara Musabaqah Tilawatil Qur'an atau MTQ tahun 2022.

penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) yang ke IV ini berpusat di kantor Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng) Kabupaten Buton Tengah. Penyelenggaraan MTQ dimulai dari 14 sampai dengan 17 Februari 2022, dengan diikuti peserta khafila dari perwakilan tujuh kecamatan se- Kabupaten Buteng.

Peresmian pembukaan penyelenggaraan MTQ kali ini ditandai dengan bupati Samahudin melakukan pemukulan gong yang didampingi oleh Sekda Buteng, Kostantinus Bukide, Kepala Kemenag Buteng, Camat Masteng, Danramil dan Kapolsek setempat.

Pembukaan MTQ ke IV ini, diawali dengan pawai keliling dari perwakilan peserta tiap-tiap kecamatan yang tersebar di seluruh Kabupaten Buton Tengah dengan memakai gaun bernuansa islami dengan ciri khas masing-masing kecamatan. Dalam pawai ini juga diiringi dengan sholawat Nabi sepanjang perjalanan.

Tampak dari masing-masing camat juga ikut dan turut mendampingi para peserta pawai dengan berjalan kaki. Tidak kurang dari 30 peserta dari masing-masing kecamatan turut ambil bagian dalam peringatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) yang ke IV ini.

Tak hanya itu, pembukaan MTQ kali ini kuga turut dihadiri oleh seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para asisten-staf bupati, kepala kantor Kemenag, perwakilan dari Dandim 1413 Buton, perwakilan dari Kapolres Baubau dan para tokoh agama, adat, pemuda, tokoh majelis taklim.


Bupati Buton Tengah, Samahuddin dalam sambutannya menyampaikan penyelenggaraan MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al-Qur'an dan menegakkan syiar Islam, serta memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa.

Al-Qur'an lanjut Samahudin merupakan sumber petunjuk, pedoman hidup yang aktual sepanjang masa, berisi nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang hanif.


"Penyelenggaraan MTQ tahunan di Buteng bertujuan membumikan ajaran Al-Qur'an dengan mengajak kita semua untuk bekerja sama dalam  ketakwaan dan kebaikan," kata Samahudin mengawali sambutannya, Senin (14/02/2022).

"Menjalankan Al-Qur'an kita patut meneladani pribadi Nabi Muhammad SAW, sebagai kepribadian dengan kemuliaan akhlak menebarkan kasi sayang, menjauhkan diri dari perkataan serta yang menyakiti sesama. Kita semua sebagai umatnya wajib menjalankan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup," sambungnya.

Menurut orang nomor wahid di Buton Tengah ini, semangat saling membantu tanpa harus melihat perbedaan suku, agama, maupun kelompok dengan meringankan beban sesama umat manusia adalah cara dalam memahami dan menjalankan nilai-nilai keislaman.

Lebih Lanjut Samahudin mengatakan peserta MTQ perwakilan tiap kecamatan akan menampilkan Qori-Qoriah, Hafiz-Hafizah dan Mufasir-Mufasirah terbaik. Generasi muda ini telah siap berkompetisi secara sehat berlomba meraih prestasi baik tingkat kabupaten, provinsi dan nasional yang dapat berkontribusi membanggakan daerah dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul, yang kompetitif dan berkarakter Islami, sebagaimana akhlak Rasulullah.

"Pelaksanaan MTQ, tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Qur"an, dapat mengedukasi umat untuk membangun generasi berkarakter Qur'ani yang semakin mencintai dan membumikan Al-Qur'an, serta meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka menuju masyarakat Kabupaten Buton Tengah yang berkah (Bersih, Sejahterah, Produktif, Agamis dan Harmonis)," ujar ketua DPC PDIP Buteng.


Diujung sambutan, Bupati Inspiratif versi 7 Sky tahun 2018 ini menyampaikan selamat kepada Pemerintah Kacamatan Mawasangka Tengah atas keramahan, kehangatan, antusiame menyambut penyelenggaraan MTQ tingkat Kabupaten Buteng yang ke-Iv tahun 2022.

"Selamat kepada semua peserta mengikuti MTQ, semoga keikutsertaan saudara-saudara memberi manfaat dan maslahat dalam mengembangkan syiar islam ditanah bertuah ini Negeri 1000 Goa," tutup Samahuddin mengahiri sambutan.

Untuk diketahui, kegiatan MTQ merupakan peserta Khafilah dari perwakilan binaan disetiap kecamatan. Adapun kegiatan yang diikuti yaitu cabang Tartil Al-Qur'an anak-anak, Tilawah anak-anak, remaja dan Tilawah dewasa, cabang  Musabaqah Syarhil Quran dan Musabaqah Fahmil Quran, cabang Tahfidz 1, 5 dan 10 juz dan Tilawah, dan cabang Qira'at Murrattal dan Qira'at Mujawwad (Adv).

comments