-->

Hot News

Kampung KB Desa Lalatedzong Sendana Terbaik Pertama di Sulbar

By On Kamis, Juni 16, 2022

Kamis, Juni 16, 2022

Penyambutan Tim Penilai dari BKKBN Pusat Bapak Ahmad Fuadi, SH dan Sumarno oleh Kades Lalattedzong bersama Ketua TP PKK Desa Lalattedzong. [Dok Dinas PP & KB Majene]


MAJENE, MASALEMBO.COM -  Hasil verifikasi langsung serta laporan melalui website kampungkb.bkkbn.go.id, maka Tim Penilai BKKBN Pusat dan Perwakilan BKKBN Sulbar menetapkan Kampung KB Siola Ola Desa Lalatedzong, Sendana sebagai Kampung KB terbaik.

Kampung KB Mario Siola Ola dipilih sebagai terbaik pertama dengan mangantongi nilai tertinggi 3,58 dari seluruh Kampung KB se-Sulawesi Barat, sementara di tempat kedua diraih oleh Kampung KB Kalukku Barat Kabupaten Mamuju, serta terbaik ketiga diraih Kampung KB Birbon Manding Kabupaten Polman.

Hasil pengumuman resmi tersebut diterima oleh Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Majene (DPPKB) dr Hj Wahida pada Rabu (15/6/2022) setelah melalui tahap penilaian langsung pada tanggal 31 Mei 2022.

dr. Wahida menyampaikan, ada beberapa indikator penilaian yang  diverifikasi pada lomba Kampung KB ini, yaitu indikator penilaian pada input, proses, dan output.

"Input itu lebih kepada administrasi seperti SK, dana yang digunakan dari mana dan sebagainya. Lalu, untuk proses apakah di setiap kegiatan berjalan apa tidak, ada dokumentasinya atau tidak, siapa saja yang terlibat. Setelah itu, outputnya ada atau tidak kelanjutan dari setiap program yang dibuat," terang Wahida.

Kadis PP & KB dr Wahida juga menyampaikan bahwa kampung KB menjadi ikon program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang memiliki keterpaduan program dengan berbagai stakeholder terkait dengan harapan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat. Kampung KB dapat dijadikan wadah dalam menggalakkan program revolusi mental berbasis keluarga untuk membangun karakter bangsa Indonesia yang secara optimal mampu melaksanakan fungsi-fungsi keluarga.

"Kita berharap semua kampung KB di Kabupaten Majene dapat berkembang sesuai dengan identitas masing-masing kampung," ucapnya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Kepala Desa Lalatedzong Ridwan Maruseng yang telah berjuang bersama warganya dalam menyambut dan mempersiapkan  penilaian tersebut, juga kepada Pemerintah Kecamatan Sendana dan Pemerintah Kabupaten Majene dalam hal ini Bupati, Wakil Bupati dan Sekda yang selalu memberikan arahan dan petunjuk menjelang masa penilaian
serta kepada Ketua TP PKK Majene, TP PKK Kecamatan Sendana dan TP PKK Desa Lalatedzong.

Wahida menjelaskan, keberhasilan ini dapat diraih berkat kerjasama yang baik dengan para penyuluh KB di lapangan, Kepala UPTD KB dan jajarannya serta Sekretariat dan bidang-bidang di DPPKB Majene.

"Kalau untuk juara, bukan jadi tujuan utama. Itu hanya bonus saja. Yang utama adalah seluruh warga bisa mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya dengan keberadaan Kampung KB ini yang berujung pada peningkatan  kesejahteraan warga di Kampung KB tersebut," harapnya.

Kepala Desa Lalatedzong Ridwan Maruseng juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas PP & KB Majene yang telah membina selama ini, kepada Pemerintah Daerah yang selalu memberikan dukungan, dan yang paling utama adalah seluruh warga Desa Lalattedzong yang sangat membantu dalam mempersiapkan semuanya.

Kades Ridwan berharap kedepan akan lebih ditingkatkan lagi prestasi yang telah diraih saat ini dan tetap ada sinergitas dengan instansi terkait lainnya. (Hr/Ril)

comments