-->

Hot News

Insentif Guru Belum Cair, Mahasiswa Datangi Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep

By On Senin, Februari 20, 2023

Senin, Februari 20, 2023

Mahasiswa dari Laksamuda mendatangi Kantor Disdik Kabupaten Sumenep. [Khairullah Thofu]


MSALEMBO.COM, SUMENEP- Sejumlah Mahasiswa yang mengatasnamakan dirinya dengan Lingkar Studi Pemuda Madura (Laksamuda) mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep pada Senin 02 Februari 2023.

Kedatangan mereka bermaksud untuk melakukan audiensi dengan Kadisdik Sumenep Agus Dwi Saputra perihal belum cairnya insentif untuk guru Non Aparat Sipil Negara (ASN) tahun anggaran 2022.

Menurut Ketua Laksamuda Muhammad Noer mengatakan, banyak dari guru Non ASN yang saat ini sedang cemas dikarenakan belum cairnya insentif tersebut.

Padahal kata Muhammad Noer para calon penerima insientif itu sebelumnya telah menyetorkan berkas SPJ pada Disdik sesuai arahan. Tetapi hingga tahun 2023 ini insentif tersebut tak kunjung cair.

"Ini malah SPJ diminta duluan sebelum uang itu dicairkan pada penerima, kan kasihan." Terangnya selepas audiensi.

Pemerintah Kabupaten Sumenep pada tahun 2022 mengalokasikan anggaran sebesar Rp 7,5 milliar untuk 5.050 orang guru dengan rincian setiap guru mendapatkan insentif sebesar Rp 1,5 juta.

"Insentif ini untuk guru non ASN dan non PPPK, setiap guru yang menerima anggaran itu sebesar Rp. 1,5 juta per orang, " ujarnya. 

Sementara itu berdasar hasil audiensi, Kepala Disdik Sumenep, Agus Dwi Saputra membernarkan bahwa anggaran insentif bagi guru tahun 2022 memang belum cair.

Pihaknya beralasan jika saat ini masih dalam proses pendataan dan terdapat kendala lainnya. Sehingga menyebabkan anggaran tersebut tidak bisa cair tahun 2022.

"Itu ada kekurangan administrasi sehingga tidak bisa dicairkan." ungkapnya

Meski demikian, Agus berjanji rencana dana insentif bagi guru akan segera diproses tahun ini sesuai dengan mekanisme anggaran.

"Yang jelas kami akan beruapaya untuk sesegara mungkin mencairkannya paling tidak bulan Juni 2023," tegasnya. (TH)

comments