-->

Hot News

59 Calon Komisioner KPU Sulbar Ikuti Ujian CAT, Timsel Jamin Soal Tak Bocor

By On Selasa, Maret 07, 2023

Selasa, Maret 07, 2023

Tampak para calon Komisioner KPU Sulbar mengikuti ujian CAT, Selasa (7/3/2023) di SMA Negeri 1 Mamuju. [Foto: Awal/Masalembo.com]

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Sebanyak 59 calon Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Barat periode 2023-2028 mengikuti Computer Assisted Test (CAT) di SMA Negeri 1 Mamuju, Senin (6/3/2023).

Ketua Timsel KPU Amiruddin mengungkapkan bahwa para calon komisioner mengerjakan 100 soal pilihan ganda dan 5 esai. Peserta wajib menyelesaikan soal dalam waktu 150 menit.

Menurutnya soal tersebut dibawa langsung Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Pengembangan Karir Jabatan Struktural Biro SDM KPU RI, Khaerul Anam.

Soal dalam bentuk USB yang tersegel di sebuah amplop langsung diaplikasi beberapa menit sebelum ujian dimulai. Setelah selesai, soal dan aplikasi CAT seleksi calon anggota KPU Provinsi Sulawesi Barat langsung dimusnahkan.

Dijelaskan, password dan email untuk login baru diberikan ke peserta beberapa menit sebelum ujian dimulai.

"Jadi tingkat kebocoran tidak ada, bisa dipastikan tidak ada," ujar Amiruddin.

Dia menambahkan, setelah diselesaikan peserta dapat langsung melihat hasil ujian. Namun untuk soal esai, akan terlebih dahulu dinilai oleh timsel. Skemanya, penggabungan antara hasil CAT dan psikotes. Psikotes sendiri akan dilaksanakan tanggal 8 Maret 2023.

Sekretaris KPU Provinsi Sulawesi Barat Dr Bakhtiar mengatakan, yang diharapkan CAT ini berjalan dengan baik. Dari 59 peserta semua hadir. Proses CAT disiapkan di dua ruangan dan dua server. Soal yang diberikan dilaksanakan secara bersamaan.

"Tidak ada gelombang kedua. Untuk tes psikotes rencana akan dilaksanakan di tanggal 8 Maret karena ini langsung berkerjasama dengan Mabes TNI. Rencana besok ada dua orang dari Mabes Jakarta," jelas Bakhtiar.(Awl/Red)

comments