-->

Hot News

Gelar Paripurna, Tiga Renperda Inisiatif DPRD Sulbar Dibahas

By On Selasa, Maret 07, 2023

Selasa, Maret 07, 2023

Ketua DPRD Sulbar Siti Suraidah Suhardi menerima draf pembahasan Ranperda dari Asisten I Herdi Ismail. [Foto: Humas DPRD Sulbar untuk masalembo.com]

MAMUJU, MASALEMBO.COM - DPRD dan Pemprov Sulbar menggelar Rapat Paripurna dalam rangka penjelasan Gubernur terhadap perubahan Perda Nomor 1 Tahun 2018 tentang Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Sebuku Energi Malaqbi, Senin (6/3/2023). Selain itu paripurna mengagendakan penjelasan pengusulan terhadap tiga Ranperda Inisiatif DPRD Sulbar.

Rapat ini dipimpin Ketua DPRD Sitti Suraidah Suhardi, didampingi Wakil Ketua Usman Suhuriah. 

Hadir mewakili Gubernur yakni Asisten 1 Pemprov Sulbar Herdin Ismail. Rapat ini berlansung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sulawesi Barat.

Sejumlah anggota DPRD Sulbar hadir pada paripurna itu. Diantaranya Syahrir Hamdani, Abidin, Amalia Aras, Muthmainnah, A Muslim Fattah, Kalma Katta, Sudirman, Husain Haenur, Itol Syaiful Tonra, Muhammad Jayadi, Seokardy M Noer, Syamsul Samad, Mulyadi Bintaha, Arif Daeng Mattemmu, Dalif Arsyad, Firman Argo Waskito, Daniel Pundu dan Ahmad Ikhsan Syarif.

Dalam rapat tersebut tiga Ranperda yang merupakan inisiatif DPRD Sulbar ini yakni Ranperda tentang Jaringan Utilitas atau Sarana Jaringan Utilitas Terpadu, Ranperda tentang Ketentraman dan Ketertiban serta Perlindungan Masyarakat, dan Ranperda tentang Penyelenggaraan Perhubungan.

Membacakan sambutan tertulis Pj Gubernur Sulbar Herdin Ismail mengatakan, pada tahun 2018 Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat bersama DPRD telah menyetujui pembentukan satu perusahaan baru yaitu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam bentuk Perusahaan Umum Daerah (Perumda) yakni PT Sebuku Energi Malaqbi yang ditetapkan dengan Peraturan Daerah Provinsi Sulbar Nomor 1 Tahun 2018.

Menurutnya, Raperda ini merupakan kebijakan yang sangat penting untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Barat karena akan mengatur sektor penerimaan daerah melalui Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Sebuku Energi Malaqbi. 

"Harapan kami semoga proses pembahasan dan penetapannya dapat sesuai dengan jadwal yang telah disepakati bersama,” kata Herdin Ismail.(Adv/Aw)

comments