-->

Hot News

Kegiatan Konservasi Koleksi Museum Mandar Majene

By On Sabtu, Mei 13, 2023

Sabtu, Mei 13, 2023

MAJENE, MASALEMBO.COM - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemda Majene Rustam Rauf membuka kegiatan Konservasi Koleksi Museum Mandar, Minggu, 13 Mei 2023 pagi.

Kegiatan Konservasi Koleksi Museum Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik BOP-MTB 2023 bekerjasama Disbudpar Kabupaten Majene.

Di kesempatan ini, Rustam Rauf mengatakan, jika progres museum Mandar di Majene maksimal, Kemendikbud akan melirik untuk mengelontorkan anggaran terkait pengembangan museum berkelas di Provinsi Sulawesi Barat.

Dalam kegiatan konservasi koleksi museum, didatangkan pemateri dari tenaga ahli melalui Disbudpar Provinsi Sulawesi Selatan di Makassar. Sementara mereka menghadirkan peserta tim kerja dari lingkup Disbudpar Majene atau petugas museum Mandar Majene.

“Jadi kita bagi sepuluh tim kerja untuk melakukan konservasi koleksi yang ada di museum,” urai Rustam.


Sekedar untuk diketahui, museum Mandar Majene merupakan satu-satunya museum yang ada di Provinsi Sulawesi Barat. Museum Mandar memiliki dua ruangan di bagian kiri gedungnya. Ruangan pertama berisi koleksi pakaian pengantin raja dan bangsawan serta topi dan alat musik tradisional Mandar. Ruangan kedua berisi peta wilayah Kerajaan Pamboang, Kerajaan Sendana, dan Kerajaan Banggae serta silsilah raja Kerajaan Balanipa dari pertama hingga yang terakhir.

Pada bagian koridor terdapat fasilitas sterilisasi alat medis dan ruangan yang menyimpan bendera Kerajaan Banggae, Kerajaan Pamboang, dan Kerajaan Sendana. Pada ujung koridor terdapat peralatan rumah sakit dan foto-foto yang dipotret mulai tahun 1926 hingga tahun 1935.

Bagian kanan gedung juga memiliki dua ruangan. Ruangan pertama berisi koleksi sarung Mandar, sedangkan ruangan kedua berisi miniatur rumah adat Mandar dan perkakas. Pada ujung ruangan terdapat tubuh ular sawah sepanjang 8 meter yang telah diawetkan. (Hr/Fid)

comments