-->

Hot News

Tim Pengembangan Data Senter Pemprov Sulbar, Upaya Digitalisasi SPBE

By On Selasa, Oktober 24, 2023

Selasa, Oktober 24, 2023


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Tim Percepatan Satu Data Sulbar Menuju Satu Data Indonesia menggelar Rapat Pengembangan Data Center Pemprov Sulbar, Senin 23 Oktober 2023. 

Kegiatan ini diikuti  oleh Tim Wali Data Sulbar,Tim Forum Satu Data Sulbar, Tim Teknis Aplikasi Telematika Kominfo dan Keamanan Siber serta Tim Admin Pimpinan dan dipandu langsung oleh Kepala Diskominfo Sulbar, Mustari Mula .Diawali dengan pemaparan pengelolaan data Pemprov Sulbar, penjelasan fitur aplikasi Sapota.

Sekda Provinsi Sulbar,  Muhammad Idris berharap di tahun 2024 Pemprov Sulbar sudah harus menjadi pemerintahan digitalisasi melalui SPBE yang paripurna. Olehnya beberapa catatan menjadi masukan melalui rapat tersebut. Pertama,  penyiapan command center pada kantor gubernur yang baru akan selesai dibangun. 

"Display data harus representative, analitik data yang paling dibutuhkan sekarang, membutuhkan Tim Percepatan Digitalisasi menuju Satu Data, Konsep keamanan Ruangan Data, Berhati-hati dalam menyusun Proposal pemanfaatan Anggaran, Pengembangan Aplikasi Sapota tidak memerlukan Aplikasi baru, Grand Design terkait data sampai 5 Tahun kedepan, mengundang desain interior yang profesional, dan integrasi Data yang dibutuhkan DPRD Provinsi Sulawesi Barat," urai Idris. 

Sementara Mustari Mula menyebut , saat ini Provinsi Sulawesi Barat sementara menginput 476 Dataset namun masih di lingkup perangkat daerah, belum melibatkan BPS. Kedepan dibutuhkan kerjasama perguruan tinggi untuk standarisasi Data Geospasial Sulawesi Barat, serta pengembangan sumber daya dalam menjalankan setiap aplikasi yang sudah berlisensi. 

"Untuk aplikasi Sapota masih perlu pembenahan, terutama soal visualisasi. Selain itu mendorong update data di setiap OPD. (Adv)

comments