-->

Hot News

Kunjungi Bandara Tampa Padang, Kadis Perkim: Pembebasan Lahan Harus Sesuai Masterplan

By On Selasa, Januari 16, 2024

Selasa, Januari 16, 2024

Kadis Perkim Sulbar Syaharuddin, didampingi Sekretaris Amrin, dan Tim Bidang Pertanahan mendatangi lahan bandara Tampa Padang Mamuju. [Foto: Kominfopers Sulbar]


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Provinsi Sulawesi Barat, Syaharuddin, didampingi Sekretaris Amrin, dan Tim Bidang Pertanahan mendatangi lahan bandara Tampa Padang Mamuju, Senin (15/01/2024). Lokasi yang dikunjungi merupakan lahan yang belum dibebaskan sampai saat ini.

Ditemui di lokasi, Kadis Perkim Syaharuddin mengatakan, tujuan mendatangi lahan bandara sebagai tindak lanjut arahan Pj Gubernur Zudan Arif Fakrulloh agar segera melakukan percepatan penyelesaian lahan Bandara Tampa Padang Mamuju.

"Kami bersama Sekdis dan Tim Bidang Pertanahan hari ini datang untuk melakukan pengecekan kembali batas-batas lahan sesuai Masterplan yang ada pada kami,“ ujar Syaharuddin sembari menunjukkan masterplan di Smartphonenya.

Menurut Syaharuddin, hal itu penting dilakukan agar ketika Dinas Perkim menyusun Daftar Nominatif (Dafnom) pembebasan lahan bandara, agar terlebih dahulu mendahulukan yang berada di dalam area masterplan. Tetapi, bukan berarti mengesampingkan lahan yang berada di luar masterplan.

“Bukan kami mengesampingkan lahan yang berada di luar masterplan, tetapi kita memaksimalkan penyelesaian pembebasan lahan sesuai anggaran yang ada dan tingkat urgensi peruntukan pemanfaatan,” tegasnya.

Kepala Dinas Perkim Sulbar menyampaikan, dirinya baru-baru ini sudah melakukan koordinasi dengan pihak appraisal atau Kantor Jasa Penilai Publik di Jakarta, untuk segera melakukan Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanjian Kerja Sama dalam hal tahapan pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum.

“Setelah seluruh tahapan-tahapan pengadaan tanah selesai, secepatnya kami akan melakukan pembayaran,” tutupnya. (Ril/har)

comments