-->

Hot News

Masyarakat Masakambing Mengakui Manfaat dari PJU

By On Selasa, April 16, 2024

Selasa, April 16, 2024

Salah satu PJU yang ada di pelabuhan tempat bersandarnya perahu nelayan di Desa Masakambing. (Khairullah Thofu)


SUMENEP, MASALEMBO.COM- Sebuah kebijakan pembangunan dinamakan mencapai kesuksesan, apabila memiliki dampak atau manfaat bagi masyarakat di suatu wilayah.

Hal itulah yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Masakambing, Kecamatan Masalembu dengan membangun 30 lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang tersebar di dua Dusun yaitu Ketapang dan Tanjung.

Tentu pembangunan ini diharapkan dapat memiliki dampak terhadap kemudahan bagi aktivitas ekonomi masyarakat, terutama pada saat malam hari. Mengingat mayoritas mata pencaharian masyarakat setempat adalah nelayan, yang biasanya berangkat melaut pada dini hari.

Sehingga, masyarakat yang hendak berangkat dari rumah menuju perahu di pesisir pantai tidak kesulitan. Selain itu, pembangunan PJU juga merupakan bagian dari komitmen Pemdes Masakambing untuk mendongkrak sektor pariwisata.

Bertujuan terbukanya sektor ekonomi baru bagi masyarakat, dimana fasilitas juga menjadi faktor utama pariwisata. Salah satunya tersedianya penerangan jalan untuk mempermudah, wisatawan beraktivitas menikmati pulau malam hari.

Menurut salah seorang nelayan Abd Samad mengaku, mendapatkan manfaat dari pembangunan PJU ketika hendak berangkat mencari nafkah dengan melaut.

Kata dia, di Desa Masakambing penerangan jalan memang sangat dibutuhkan karena memang belum ada penerangan listrik negara. Semenjak adanya lampu PJU pihaknya, tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli lampu penerangan ketika hendak menuju pantai dari rumahnya.

"Ya sangat bermanfaat bagi kami yang berprofesi sebagai nelayan, biasanya kami berangkat melaut dini hari dan kondisi masih petang jadi kesulitan di jalan saat berangkat dari rumahnya," katanya melalui saluran telfon. Selasa (16/04).

Pihaknya juga dapat dengan mengecek kondisi perahu walaupun larut malam, tidak perlu harus menunggu siang hari. Abd Samad juga bersyukur dan berterima kasih, kepada Pemdes Masakambing karena hadir ditengah-tengah kebutuhan masyarakat.

"Alhamdulillah mempermudah aktivitas kami nelayan saat mau mencari nafkah," ucapnya.

Manfaat PJU bukannya hanya dirasakan oleh masyarakat yang berprofesi nelayan, melainkan oleh warga lainnya. Hal itu diakui oleh Miftah Farid, yang selama ini berprofesi sebagai tenaga medis dan pegiat pariwisata.

Miftah Farid menceritakan, sebelum Pemdes Masakambing membangun PJU, pihaknya merasa sangat kesulitan dalam menjalankan aktivitas profesinya saat malam hari. Ketika terdapat pasien atau warga setempat, yang membutuhkan layanan kesehatan pada malam hari.

Semenjak PJU dibangun, pihaknya sangat mudah beraktivitas memberikan pelayanan kesehatan, ke rumah-rumah warga yang membutuhkan meskipun pada malam hari.

"PJU ini sangat bermanfaat, saat melayani pasien dirumahnya pada malam hari, jarak antar rumah sangat jauh di Desa Masakambing," katanya.

Bukan hanya itu, bagi pria yang biasa dipanggil Icang ini PJU juga memiliki dampak secara tidak langsung terhadap pariwisata. Bagaimana tidak, sebelum ada PJU beberapa wisatawan yang datang ke Masakambing untuk melihat satwa endemik burung kak tua jambul kuning (Beka') sangat kesulitan beraktivitas menikmati pulau pada malam hari.

Saat ini pihaknya, mengaku sangat dimudahkan dalam memberikan pelayanan kepada tamu, meskipun malam hari termasuk untuk sekedar membawa para wisatawan keliling menikmati suasana pulau ketika malam hari.

"Sebagai pegiat wisata, saya merasakan manfaat PJU untuk aktivitas terutama malam hari," tandanya.

Sementara itu secara terpisah Pj Desa Masakambing Ainul Yakin mengatakan, setiap pembangunan di wilayahnya memang ditujukan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat tidak terkecuali PJU.

Oleh sebab itu pihaknya, mengajak seluruh elemen masyarakat Desa Masakambing supaya ikut melibatkan diri dan berkolaborasi dengan pemerintah untuk pembangunan yang lebih baik kedepannya.

"Jika manfaat pembangunan PJU itu betul dirasakan masyarakat, memang itu tujuan pemerintah," singkatnya. (TH)

comments