Jelang Pemeriksaan BPK, Wakil Bupati Ingatkan Soal Ini Pada OPD

On Jumat, Februari 08, 2019

MASALEMBO.COM

Peserta entry meeting Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Sulbar, di ruang pola kantor bupati Mateng (Jamal/masalembo.com)

MATENG, MASALEMBO.COM - Para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Mateng, diimbau segera melengkapi dokumen administrasi keuangan atas pelaksanaan kegiatan 2018. 

Selain itu, dokumen pengadaan barang dan jasa, serta dokumen pendukung lainnya, juga diminta segera dilengkapi. Demikian ditegaskan Wakil Bupati Mateng, H Muh Amin Jasa, saat menghadiri entry meeting Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Sulbar, di ruang pola kantor bupati, Rabu (06/2/2019).

Desakan tersebut sehubungan jadwal pemeriksaan awal atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA 2018, sudah dekat. Kata Amin, 30 hari kedepan BPK akan turun memeriksa. Objek dan sasaran audit telah ditetapkan tim BPK. "Itu sebabnya saya sampaikan pada seluruh kepala OPD beserta jajaranya, benar-benar mempersiapkan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan," desak Amin.

Dikesempatan itu, wakil bupati mengingatkan bendahara dan pengurus barang, selalu siap memenuhi panggilan jika saja diperlukan tim pemeriksa.

 "Kami atas nama pimpinan memohon pada ketua tim dan anggota, kiranya dalam pemeriksaan pendahuluan ini tetap memberikan bimbingan dan arahan pada jajaran kami. Khususnya OPD serta mengedepankan aspek pembinaan," pintanya.

Kata Amin, Mengingat usia Mateng yang masih muda, tentu terdapat kekurangan dan kelemahan. Disisi lain dukungan SDM masih sangat terbatas. Itu sebabnya masih diperlukan perbaikan dan penyempurnaan.

Kekurang yang dimaksud, yakni masih adanya kekeliruan dalam penganggaran, dan beberapa OPD telat menyetor sisa kas per 31 Desember 2017. Selain itu pengelolaan BMD/aset tetap, juga masih memiliki kekurangan, termasuk volume pada sejumlah paket pekerjaan fisik, serta beberapa temuan administrasi pengelolaan keuangan.

"Saya berharap seluruh temuan BPK 2017 ini, tidak lagi terjadi pada periode pemeriksaan LKPD 2018. Ini saya harapkan pada OPD tanpa kecuali," pungkasnya. (jml/riz) 

comments