-->

Hot News

Pilkada Pasangkayu: 643 Calon PPS Ikuti Tes CAT

By On Selasa, Maret 03, 2020

Selasa, Maret 03, 2020

Suasana pelaksanaan tes CAT calon PPS Pilkada Pasangkayu. (Foto: Edison S/Masalembo.com)


PASANGKAYU, MASALEMBO.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasangkayu menggelar tes tertulis dengan metode Computer Assisted Test (CAT) kepada 463 calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), Minggu (1/3/20) kemarin. Tes tertulis digelar di empat zona. Zona I meliputi Kecamatan Bambalamotu, Sarjo dan Bambaira, zona II Kecamatan Pasangkayu, Pedongga dan Tikke Raya, zona III Kecamatan Baras, Bulutaba dan Lariang, serta zona IV Kecamatan Sarudu, Dapurang dan Duripoku.

"Kami telah menggelar tes tertulis bagi calon PPS dengan menggunakan metode CAT. Untuk zona satu kita lakukan di laboratorium komputer SMPN 1 Bambaira, zona dua di laboratorium komputer SMAN 1 Pasangkayu, sedangkan untuk zona tiga dipusatkan di laboratotium komputer SMAN 1 Baras, dan zona empat di laboratorium komputer SMAN 1 Sarudu," kata Ketua KPU Pasangkayu Syahran Ahmad.

Syahran menuturkan jumlah peserta perzona yang mengikuti tes yakni zona I 114 orang, zona II 112 orang, zona III 146 orang dan zona IV 91 orang.

Metode CAT yang menjadi pilihan KPU Pasangkayu, lanjut Syahran, demi menciptakan proses seleksi yang fair dan transparan. "Hanya KPU Pasangkayu yang menerapkan metode CAT ini dari empat kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada di Sulawesi Barat," aku Syahran.

"Ini hal pertama yang terjadi, dimana seleksi calon PPS menerapkan metode CAT di Sulawesi Barat, bahkan mungkin di Indonesia dari 270 Kabupaten kota yang berpilkada," pungkasnya.

Sebelumnya, tes tertulis bagi PPK juga dengan metode CAT. Untuk Sulawesi Barat dari empat kabupaten yang berpilkada hanya Pasangkayu yang melakukan metode CAT.

"Kemungkinan skala nasional baru kita yang menggunakan metode ini untuk seleksi calon PPS," Syahran Ahmad. (eds/red)

comments