-->

Hot News

GAPKI Sulawesi Ketatkan Pengawasan Operasional Transportasi, Ini Tujuannya

By On Selasa, Mei 19, 2020

Selasa, Mei 19, 2020

Dony Yoga (ist)


MASALEMBO.COM - Sebagai upaya mencegah dampak pandemi COVID-19 di industri kelapa sawit, GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia) Cabang Sulawesi juga menerapkan protokol secara ketat. Selain jaga jarak, penyediaan fasilitas cuci tangan, maupun penggunaan masker, apel pagi yang biasa dilakukan juga disesuaikan serta memperketat pengawasan operasional transportasi.

“Kita sudah lakukan sosialisasi baik untuk internal maupun eksternal,” kata Ketua GAPKI Sulawesi, Dony Yoga saat konferensi pers secara online, Senin, 18 Mei 2020. 

Pada saat itu, ia juga menyampaikan bahwa GAPKI Sulawesi sudah mendistribusikan bantuan total senilai Rp150 juta berupa APD dan sembako, baik melalui pemerintah daerah maupun secara mandiri ke desa-desa sekitar.

Diakui Dony bahwa COVID-19 di Sulawesi memang tidak segempar di Jakarta. Kendati demikian sesuai dengan arahan GAPKI Pusat, pihaknya telah menghimbau kepada seluruh anggota GAPKI Sulawesi untuk melakukan antisipasi pencegahan COVID-19 di dalam kebun.

"Meski tidak gempar di Jakarta, namun kita di Sulawesi juga wajib melakukan antisipasi demi memutus rantai penywbaran Covid-19," ungkapnya.

Lebih lanjut Dony menambahkan sampai saat ini tidak ada kendala terkait industri sawit di Sulawesi baik perihal tenaga kerja maupun operasional kebun dan pabrik. Hanya saja terjadi pembatasan jam operasional pabrik mulai dari pukul 07:00 -17:00 WITA. 

“Waktunya diatur lebih efektif dan efisien sesuai dengan ketentuan tersebut,” lanjutnya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Sekretaris GAPKI Sulawesi Novrianto juga menyampaikan bahwa pihaknya juga terus melakukan pemantauan untuk angkutan Tandan Buah Segar (TBS) Swadaya yang masuk ke pabrik khususnya pabrik di daerah Sulawesi Barat. 

“Di beberapa kabupaten yang menjadi jalur lintas angkutan Crude Palm Oil (CPO) sudah menerapkan jam malam mulai dari pukul 06:00-18:00 WITA sesuai kebijakan pemerintah, sehingga operasional pengiriman CPO juga kami ikuti jam tersebut,” tambahnya.

Ketahanan Pangan

Selain membahas tentang penanganan Covid-19, Ketua Gapki Sulawesi Dony Yoga juga menjelaskan tentang pergerakan ekonomi masyarakat di Sulawesi. Dimana sampai saat ini menurutnya tetap berjalan normal dengan tetap mengikuti anjuran pemerintah mengenai social distancing.

“Dampaknya tetap ada, tapi tidak terlalu signifikan,” ungkap Dony.

Dony juga menjelaskan, untuk mengantisipasi dampak ekonomi, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat, agar melakukan efisiensi dan mengalakkan budidaya kebun hortikultura guna membantu ketahanan pangan di Sulawesi.

"Pihak kami telah melakukan kordinasi dengan pemerintah setempat guna membantu ketahanan pangan di daerah dan pada umumnya di Sulawesi," pungkasnya.

Di akhir penjelasannya, Dony juga mengungkapkan bahwa untuk mengantisipasi kurangnya tenaga kerja diakibatkan oleh COVID-19 di Sulawesi, pihaknya juga memprioritaskan tenaga kerja lokal. Hal ini sekaligus dalam rangka membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran.

"Tidak ada kata tidak, demi menjaga dan membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran akibat pandemi Covid-19, kami akan memprioritaskan tenaga kerja lokal," tutupnya. (*)

Sumber: rilis GAPKI Sulawesi
Editor: Edison S

comments