-->
https://rajaview.id/l1zfvR2Icz3Zr9hvg4vbpSO76Foy6i8uVNn6HXHq

Hot News

Tanah Bumbu akan Tambah Dua Kecamatan Baru

On Tuesday, June 02, 2020

MASALEMBO.COM

Kadri Mandar (ist)


BATULICIN, MASALEMBO.COM - Penambahan dua kecamatan baru di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel, akan segera terwujud. Pemkab Tanah Bumbu memastikan bahwa penambahan itu akan memasuki tahapan pembahasan bersama DPRD. 

Bagian Hukum Setda Kabupaten Tanah Bumbun dipastikan telah mengajukan rancangan Perda tentang pemekaran dua kecamatan itu kepada DPRD untuk dibahas bersama.

Menurut Kepala Bagian Pemerintahan Setda Tanah Bumbu, Kadri Mandar, saat ini draft Perda pemekaran kecamatan itu sudah dikirim ke DPRD Tanah Bumbu. "Draft Perdanya juga sudah ada, jadi tinggal menunggu jadwal dari DPRD untuk pelaksanaannya," jelas Kadri kepada Wartawan, Selasa (02/06/2020) di kantornya.

Ia juga menyatakan bahwa dua Kecamatan Baru itu adalah Kecamatan Kusan Tengah dan Kecamatan Teluk Kepayang. Kecamatan Kusan Tengah adalah pemekaran dari Kecamatan Kusan Hilir. Sedangkan Kecamatan Teluk Kepayang adalah pemekaran Kusan Hulu. 

Kecamatan Kusan Tengah terdiri dari Desa Saring Sei Binjai, Saring Seibubu, Sepunggur, Serdangan, Satiung, Api Api, Pakatellu, Manurung, Batareng, Pulau Tanjung, Mekar Jaya, Karya Bakti dan Selimuran. Adapun ibu kota kecamatannya akan ditempatkan di desa Saring Seibubu. 

Sedangkan Kecamatan Teluk Kepayang terdiri dari Desa Teluk Kepayang, Guntung, Mangkalapi, Tibarau Panjang, Darasan Binjai, Tapus, Hatiif, Batu Bulan, Tamunih, dan Desa Dadap Kusan Raya. Ibukotanya akan ditempatkan di Desa Teluk Kepayang.

Kadri juga menyatakan bahwa untuk lokasi ibu kota kecamatan, Pemkab Tanah Bumbu telah menyiapkan lahan masing-masing 5 hektar untuk kawasan perkantoran. 

"Lahannya sudah siap," tegas Kadri. (*)

Laporan: Adi Putra
Editor: Harmegi Amin

comments