-->

Tantangan Profesi Lebih Berat di Masa Pandemi, Sekjend AJI Ajak Jurnalis Makin Solid

On Sabtu, Mei 22, 2021

MASALEMBO.COM

Ika Ningtiyas saat membuka Konferta III AJI Mandar via zoom, Sabtu, 22 Mei 2021 [sc/masalembo.com]


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Tantangan organisasi profesi jurnalis dinilai makin sulit di masa pandemi COVID-19. Selain memperjuangkan idealisme dan profesionalitas, organisasi pers mesti berkontribusi mengupayakan kesejahteraan para anggotanya serta pemutusan hubungan kerja jurnalis dari perusahaan.

Sekretaris Jenderal (Sekjend) Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia Ika Ningtiyas mengungkapkan hal tersebut saat membuka Konfrensi Kota (Konferta) III Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Mandar, Sabtu (22/5/2021). 

"Kebebasan pers kita makin memburuk dalam setahun terakhir bersamaan dengan pandemi COVID-19. Di sisi lain kita juga menghadapi berbagai tantangan seperti menurunnya kesejahteraan jurnalis karena bisnis media kita belum sepenuhnya pulih," kata Ika Ningtiyas saat menyampaikan sambutan di forum Konferta III AJI Kota Mandar.

Ika mengatakan untuk menghadapi berbagai tantangan di masa pandemi COVID-19 itu, organisasi profesi jurnalis harus berbenah. Ia berpesan agar seluruh anggota AJI Mandar makin solid agar dapat bertahan menghadapi berbagai tantangan saat ini.

"Semua itu tidak bisa kita hadapi jika kondisi internal kita tidak bisa solid, hanya berpusat pada kekurangan apa yang dimiliki organisasi. Kita akan tergagap-gagap menghadapi berbagai tantangan dari eksternal padahal salah satu upaya kita menghadapi dan juga melawan berbagai persoalan adalah secara internal kita harus solid," kata Ika.

Jurnalis Tempo asal Banyuwangi Jawa Timur ini berpesan, agar Konferta III AJI Kota Mandar menjadi ajang untuk evaluasi tiga tahun kepengurusan sebelumnya. Ika berharap agar AJI Mandar mampu membangun modal sosial dan mengindentifikasi potensi yang dimiliki untuk dapat bertahan dari berbagai masalah yang dihadapi organisasi profesi jurnalis.

Konferensi Kota III AJI Mandar digelar secara daring dengan berpusat di Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Puluhan anggota AJI Mandar mengikuti Konferta yang mengendakan pemilihan Ketua dan Sekretaris baru organsisasi jurnalis yang hadir di tanah Mandar pada 2010 silam. (Hr/Red)

comments