-->

Karang Taruna Mamuju Tengah Gelar Raker, Ini Harapan Bupati

On Sabtu, Juni 26, 2021

MASALEMBO.COM


MATENG, MASALEMBO.COM - Karang Taruna Kabupaten Mamuju Tengah menggelar rapat kerja (raker) pertama di Wisma Fadillah Topoyo, Kamis (24/6/2021).

Acara raker tersebut dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara dan jajaran Pengurus Karang Taruna Kabupaten Mamuju Tengah. Hadir juga Bapak Idham Halik Aco Gello , SST., MPSSp wakil ketua Karang Taruna Provinsi Sulawesi Barat.

Pada raker Karang Taruna Kabupaten Mamuju Tengah peserta yang hadir dibatasi karena masih dalam situasi pandemi Covid-19. Panitia Acara juga menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19.

Selain Pengurus Karang Taruna Kabupaten Mamuju Tengah, Bupati Mamuju Tengah diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan Bapak Anwar Nasir S.Pd., M.Si 

"Alhamdulillah acara Raker Karang Taruna Kabupaten Mamuju Tengah berjalan dengan lancar. Dengan tema "Optimalisasi Peran dan Fungsi Karang Taruna Sebagai Pilar Kesejahteraan Sosial," terang Wardani S.Kom, Ketua Pelaksana Raker Karang Taruna Kabupaten Mateng.

Wardani mengatakan, Raker Karang Taruna Kabupaten Mateng merupakan kewajiban organisasi dalam rangka menyusun perencanaan selama lima tahun  kedepan. Nantinya dari raker ini akan menghasilkan program kerja yang wajib diimplementasikan oleh ketua dan pengurus Karang Taruna Kabupaten Mamuju Tengah yang baru.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Mamuju Tengah Dzulkifli S.IP., M.Si dalam sambutannya mengapresasi kerja keras panitia yang sukses menyelenggarakan rapat kerja ini. Meski harus mundur setahun pelaksanaannya karena dalam situasi Pandemi Covid-19. Namun sebelum raker ini beberapa kegiatan telah dilaksanakan. Diantaranya, ikut berpartisispasi dalam penyemprotan disinfektan diawal pandemi, kemudian ikut serta mengumpulkan dan menyalurkan donasi untuk korban bencana alam di Masamba Sulawesi Selatan serta korban terdampak gempa Majene- Mamuju.

Dzulkifli berharap apa yang menjadi program kerja segera bisa dilaksanakan oleh pengurus Karang Taruna Kabupaten Mamuju Tengah yang tentu mengharapkan dukungan Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah. 

Sementara Bupati Mamuju Tengah H. Aras Tammauni dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bapak Anwar Nasir S.Pd., M.Si mengapresiasi dilaksanakanya raker karang taruna ini. Ia mengatakan, diperlukan kesamaan visi dan aksi yang  dilandasi oleh rasa persatuan dan kekeluargaan sehingga cita-cita pembangunan dapat diwujudkan. 

"Sesungguhnya pembangunan suatu daerah bukan saja menjadi tanggungjawab pemerintah semata,   namun harus ada keterlibatan   semua stakeholder, karena sesungguhnya pemerintah hanyalah sebagai fasilitator dan regulator  yang tentunya sangat membutuhkan partisipasi semua pihak tak terkecuali Karang Taruna sebagai organisasi plat merah," ungkapnya.

“Atas nama Pemkab Mamuju Tengah, saya mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya rapat kerja ini,” terang  Anwar

Sementara Wakil Ketua Karang Taruna Provinsi Sulawesi Barat  Idham Halik Aco Gello , SST., MPSSp sebelum agenda pleno pembahasan program kerja memberikan arahan terkait hasil Temu Karya Nasional VIII di Bogor tahun 2020. Ada beberapa perubahan mendasar pada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Karang Taruna  terutama pada hirarki kepengurusan mulai dari pusat hingga ke tingkat desa. Pada poin pengesahan pengurus Karang Taruna pada tingkat desa yang dulunya disahkan dan dilantik  oleh Kepala Desa untuk AD ART terbaru ini disahkan oleh Pengurus Karang Taruna Kecamatan dikukuhkan/dilantik oleh kepala desa. Begitu juga dengan tingkat kecamatan disahkan oleh pengeurus Karang Taruna Kabupaten dan dilantik/dikukuhkan oleh Camat Sementara untuk Pengurus Kabupaten disahkan oleh pengurus Provinsi dilantik/dikukuhkan oleh Bupati. Lebih lanjut Idham berharap kepengurusan Karang Taruna Mamuju Tengah terus melakukan terobosan yang bisa mengembangkan organisasi ini. (Sam)

comments