-->

Hot News

Hadiri Panen Bawang, Bupati Enrekang Minta Jaga Kualitas Bibit: Yakin Petani Sukses

By On Jumat, Juli 30, 2021

Jumat, Juli 30, 2021

Bupati MB saat melakukan panen raya bawang merah di kawasan Fajar Grup Kecamatan Maiwa [Foto: Bukhairul Iman]


ENREKANG, MASALEMBO.COM - Bupati Enrekang Muslimin Bando menghadiri panen raya bawang merah di kawasan milik Fajar Grup di Kecamatan Maiwa Jumat, 30 Juli 2021.

Panen raya ini merupakan yang pertama kali dilakukan di kawasan Fajar Grup setelah bawang merah memasuki usia 60 hari pasca tanam. 

"Bismillah, hari ini kita panen bawang merah di Fajar Grup Maiwa setelah 60 hari. Jumlah bibit yang kita tanam kemarin sebanyak 2,5 ton. Bawang kita panen hari ini, insyaallah akan kita tangkarkan kembali jadi bibit," ujar ujar bupati Muslimin Bando sambil mulai mencabut bawang merah.

Maiwa dikenal sebagai daerah yang cukup panas dan tanahnya berpasir dengan ketinggian 90 mdpl, sehingga bawang yang diproduksi relatif tidak banyak mengandung kadar air. 

Dengan bibit 2,5 ton yang di tanam, menurut perkiraan bupati, hasilnya bisa satu banding sepuluh. Artinya perkiraan nantinya adalah 25 ton bawang merah yang dipanen hari ini. 

Menurut MB sapaan akrab bupati Muslimin Bando, pertanian bawang merah menyerap banyak tenaga kerja dengan sistem manajemen yang profesional. Mulai dari proses pengolahan lahan, perawatan sampai pada panen hari semuanya menggunakan tenaga kerja. 

Pemanfaatan teknologi juga sudah tidak manual dengan menggunakan mesin untuk membuka lahan. Termasuk dalam penyemprotan pestisida, sudah tidak menggunakan lagi handstrayer, tapi menggunakan selang yang disambung ke drum, yang kapasitasnya bisa mencapai 200 liter satu kali penyemprotan. "Ini juga sangat hemat waktu," katanya.

Dia mengatakan, paradigma petani yang perlu dirubah. "Petani harus sukses, kita juga target produksi bibit bawang sendiri yang kualitasnya tentu kita jaga. Semua yang kita panen hari ini yang mungkin sampai 25 ton, akan kita jadikan bibit kembali," tutup MB. (El)

comments