-->

Hot News

Kadis Pendidikan Majene Hadiri Benchmarking Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar

By On Senin, Juli 05, 2021

Senin, Juli 05, 2021

Berdiri tiga dari kanan, Kadisdikpora Majene Ir. Iskandar, MM saat acara Benchmarking Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar. [Foto: Humas Setda Majene]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Majene Ir. Iskandar turut hadir di acara Benchmarking Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar, Senin, 5 Juli 2021. Acara yang digelar di Ruang Pola Kantor Bupati Majene dibuka oleh wakil bupati Arismundar.

Kegiatan ini mengambil tema Inovasi Kebijakan Tata Kelola Bencana Alam dan Alam Serta Penguatan Reseliensi Ekonomi Masyarakat Rawan Bencana di Kabupaten Majene. Tujuan kegiatan ini untuk memberi penilaian terhadap kebijakan penanganan gempa oleh Pemda Majene.

"Acara tersebut melibatkan 96 mahasiswa Unismuh. Rencananya mereka akan melakukan berbagai kegiatan untuk menilai kualitas kebijakan program dan strategi di OPD," kata Kadisdikpora Majene Iskandar dikonfirmasi usai kegiatan tersebut, Senin pagi.

Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar Dr Nuryanti Mustari S.IP M mengatakan, dirinya membawa 12 dosen Ilmu Pemerintahan untuk mendampingi mahasiswa selama berada di Majene. Kegiatan tersebut merupakan salah satu mata kuliah di semester genap. 

"Rencananya ada 10 OPD yang akan menjadi sasaran kegiatan mahasiswa dengan berbekal sub tema kebijakan tata kelola pemerintahan. Mereka telah belajar teori kebijakan pemerintah termasuk relisiensi ekonomi masyarakat rawan bencana” ujarnya. 

Sementara itu, Wakil Bupati Majene Arismunandar memberikan gambaran dua kecamatan yang terdampak gempa yaitu Ulumanda dan Malunda. Karena skala yang cukup besar gempa tersebut tidak hanya merusak infrastruktur, tapi juga memakan korban jiwa dan dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat. 

"Langkah kebijakan yang dilakukan Pemerintah Daerah sudah banyak. Termasuk menyiapkan dan membenahi infastruktur hingga melakukan recofusing anggaran," terang Arismundar. 

Pemda Majene sambungya, sudah melakukan banyak hal untuk penanganan korban gempa kemarin, termasuk saat kejadian gempa tersebut Pemda dengan sigap turun lokasi.

Kegiatan yang berlangsung empat hari (4-7 Juli) tersebut turut di hadiri sejumlah pimpinan OPD yang menjadi lokus kegiatan mahasiswa di Majene yaitu Kadisdikpora, Kepala BKAD Majene, Kepala BPBD, Sekertaris Dewan, Kepala Badan Litbang, Kadis Kesehatan, Kadis Ketapang dan Kadis Sosial Majene. (Hr/Red)

comments