-->

Hot News

Mahasiswa Unismuh akan Nilai Kebijakan Penanganan Gempa Pemda Majene

By On Senin, Juli 05, 2021

Senin, Juli 05, 2021

Mahasiswa Unismuh Makassar foto bersama wakil bupati Majene Arismundar [Foto: Fyan Ilbas/Humas Setda Majene]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Wakil Bupati Majene Arismunandar membuka kegiatan Benchmarking Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiah (Unismuh) Makassar, Senin, 5 Juli 2021. Acara yang mengambil tema Inovasi Kebijakan Tata Kelola Bencana Alam dan Alam Serta Penguatan Reseliensi Ekonomi Masyarakat Rawan Bencana di Kabupaten Majene digelar di Ruang Pola Kantor Bupati.

Acara tersebut melibatkan 96 mahasiswa Unismuh angkatan 2015 hingga 2018. Rencananya mereka akan melakukan berbagai kegiatan untuk menilai kualitas kebijakan program dan strategi di OPD. Penilaian akan dikhususkan pada pengambilan kebijakan pemerintah atas bencana alam gempa bumi 14 dan 15 Januari lalu.

Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar Dr Nuryanti Mustari S, IP mengatakan, pihaknya membawa 12 dosen Ilmu Pemerintahan untuk mendampingi mahasiswa selama di Majene. Kegiatan tersebut merupakan salah satu mata kuliah di semester genap. Rencananya, ada 10 OPD yang akan menjadi sasaran kegiatan mahasiswa Unismuh dengan berbekal sub tema kebijakan tata kelola pemerintahan.

"Mereka teah belajar teori kebijakan pemerintah termasuk relisiensi ekonomi masyarakat rawan bencana," ujar Nuryanti.

Ketua panitia Alwi Ishar juga mengatakan, seluruh peserta kegiatan Benchmarking Unismuh Makassar telah melalui swab tes anti gen dan telah dinyatakan negatif.

Wakil Bupati Majene Arismunandar yang menyambut mereka, memberikan gambaran dua kecamatan yang terdampak gempa yaitu Ulumanda dan Malunda. Karena skala yang cukup besar gempa tersebut tidak hanya merusak infrastruktur, tapi juga memakan korban jiwa dan dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat.

Langkah Pemerintah Daerah, kata Alumni IPDN itu telah banyak dilakukan. Termasuk menyiapkan dan membenahi infastruktur hingga melakukan recofusing anggaran. "Pemda Majene sudah melakukan banyak hal untuk penanganan korban gempa kemarin, termasuk saat kejadian gempa tersebut Pemda dengan sigap turun lokasi," ujarnya.

Kegiatan Benchmarking Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar akan berlangsung selama empat hari. Pembukaan turut dihadiri sejumlah pimpinan OPD yang menjadi lokus kegiatan mahasiswa di Majene yaitu Kadisdikpora, Kepala BKAD Majene, Kepala BPBD, Sekertaris Dewan, Kepala Badan Litbang, Kadis Kesehatan, Kadis Ketapang dan Kadis Sosial Majene. (Hr/Red)

comments