-->

Hot News

Bupati Majene Hadiri Sosialisasi Pagelaran Budaya Messawe Sayyang Pattu'du

By On Selasa, Agustus 09, 2022

Selasa, Agustus 09, 2022

Bupati Majene Andi Achmad Syukri saat menghadiri Sosialisasi Pagelaran Budaya Messawe Saeyyang Pattu'du di Ruang Pola Kantor Bupati. [Foto: Prokompi]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Pagelaran budaya Messawe Saeyyang Pattu'du untuk memeriahkan Hari Jadi Majene ke 477 dan HUT Proklamasi RI ke 77 tahun 2022 akan diksanakan pada 11 Agustus 2022. Rencananya, pagelaran tersebut akan menggunakan 93 ekor kuda dan 35 bendi. 

Para pessawe terdiri dari Bupati, Wabup, Sekda, Camat, Lurah dan Kades. Sementara untuk kendaraan tradisional bendi akan diisi Ketua TP PKK Majene, Ibu Wakil Bupati dan Ketua DWP Kabupaten Majene serta para pimpinan OPD. 

Selain itu, event budaya ini akan melibatkan ratusan orang pendukung acara yaitu parrawana, pakkalindaqdaq, pesarung dan pembawa payung.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Budpar) Majene, Rustam Rauf mengatakan, pagelaran tersebut bukan bersifat lomba, sehingga jika ada persyaratan teknis semisal kostum dan lainnya merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan budaya ini dengan baik. 


"Pagelaran ini sebagai upaya kita mengembakikan eksistensi budaya Mandar," ucapnya saat Rapat Sosialisasi Pagelaran Budaya Messawe Sayyang Pattu'du, Senin 8 Agustus 2022 di Ruang Pola Kantor Bupati Majene.

Bupati Majene Andi Achmad Syukri berharap semua pihak berkomitmen menyukseskan pagelaran tersebut. "Kita laksanakan ini setelah melihat dan mengikuti beberapa kegiatan di kecamatan. Saya minta partisipasinya dan keseriusannya satu kuda satu desa, kita sukseskan kegiatan ini sama-sama," ujar bupati.

Hal senada juga disampaikan Sekda Majene Ardiansyah. Menurutnya, pagelaran budaya messawe merupakan bentuk kesyukuran kita, sehingga patut untuk berpartisipasi. "Mudah-mudahan pagelaran ini bisa berjalan sesuai dengan rohnya, bermanfaat khususnya dalam mengguatkan kebudayaan di Mandar," ucap Ardiansyah. 

Sementara itu, untuk rute akan menempuh sekitar 1,9 Km. Dimulai dari panggug kehormatan di depan SMP 2 Majene, belok kanan arah SMK 2 Majene, lalu belok kanan lagi menuju jalan Wolter Monginsidi. Selanjutnya belok kiri ke jalan Melati, belok kanan ke arah pasar sentral/depan masjid Pakkola. Kemudian belok kanan ke jalan Kanjuha hingga ke jalan Yonggang, belok kanan kembali ke jalan AP Pettarani hingga kembali ke panggung kehormatan.

Turut hadir dalam rapat sosialisasi ini, para Staf Ahli, Asisten Setda, Pimpinan OPD, Camat, Lurah dan Kepala Desa. (Ril/Hr)

comments