-->

Hot News

Kapal Pesiar MV Viking Sun Dilarang Singgah di Surabaya

By On Jumat, Maret 06, 2020

Jumat, Maret 06, 2020

Ilustrasi (inet)


SURABAYA, MASALEMBO.COM – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) memastikan kapal pesiar MV Viking Sun tidak singgah di Surabaya, Jawa Timur, setelah adanya surat penolakan dari pemerintah kota setempat. Alasannya untuk mencegah penularan virus corona atau covid-19.

Vice President Corporate Communication PT Pelindo III Wilis Aji Wiranata di Surabaya, Jumat (6/3/2020) mengatakan, kapal pesiar berbendera Norwegia dengan jumlah kru sekitar 400 orang serta 800 penumpang itu sebelumnya singgah di berbagai negara, dan menurut jadwal sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Jumat pagi ini.

“Kemarin kami menerima surat penolakan kunjungan kapal pesiar MV Viking Sun dari Pemerintah Kota Surabaya,” katanya kepada wartawan di Surabaya, Jumat.

Memang, Wilis menjelaskan, saat tiba di Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), diinformasikan terdapat dua penumpang kapal pesiar MV Viking Sun yang dinyatakan suspect atau diduga tertular covid-19 setelah sebelumnya singgah di Australia.
Dua penumpang MV Viking Sun yang diinformasikan suspect covid-19 itu terdeteksi oleh petugas dari Dinas Kesehatan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan setempat yang memeriksa di atas kapal sebelum masuk ke pelabuhan.

“Setiap kapal asing sebelum masuk ke pelabuhan wilayah Indonesia pasti seluruh penumpangnya diperiksa oleh petugas dari dinas kesehatan dan kantor kesehatan pelabuhan atau KKP. Jadi di alur, petugas dari KKP naik ke atas kapal untuk ngecek kesehatan satu persatu penumpang. Kalau dinyatakan clear, baru diperbolehkan masuk ke pelabuhan,” katanya.

Namun, menurut Wilis, di Labuhan Bajo permasalahan penumpang MV Viking Sun yang diinformasikan suspect covid-19 sudah bersih dan bahkan telah diterima oleh Pemerintah Provinsi NTT.


Kapal pesiar MV Viking Sun diketahui sebelumnya berlayar dari Darwin, Australia, serta menjalani rute tujuan Labuhan Bajo dan Semarang, Jawa Tengah. Setelah mendapat kepastian kunjungannya ditolak di Surabaya, rencananya akan singgah di Bali.
Sepanjang tahun 2019, terdata sebanyak 124 unit kapal pesiar berkunjung di berbagai pelabuhan wilayah kerja PT Pelindo III. Sementara untuk tahun 2020, PT Pelindo III telah menerima konfirmasi kunjungan sebanyak 79 kapal pesiar. MV Viking Sun tercatat sebagai kapal pesiar kelima yang tahun ini singgah di sejumlah pelabuhan wilayah kerja PT Pelindo III. (*/Red)

comments