-->

Hot News

Rawat Pasien COVID-19, Puskesmas Matakali Kembali Tutup Pelayanan

By On Rabu, Desember 30, 2020

Rabu, Desember 30, 2020

Puskesmas Matakali (Foto: Asrianto)


POLEWALI, MASALEMBO.COM - Untuk kedua kalinya, Puskesmas Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulbar kembali ditutup sementara. Penutupan Puksesmas ini pasca merawat seorang pasien yang terkonfirmasi positif COVID- 19. Penutupan Puskesmas terhitung sejak hari ini, Rabu, 30 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021.

"Untuk sementara pelayanan kesehatan terpaksa dialihkan ke puskesmas terdekat lainnya seperti di Puskesmas pelitakan dan Pekkabata," kata Anwar Wijaya, petugas Puskesmas Matakali, Rabu (30/12/2020).

Anwar Wijaya mengatakan, sebelumnya, tanggal 25 Desember lalu, ada pasien yang dirawat di Puskesmas Matakali. Untuk perawatan intensif, pasien tersebut lalu dirujuk ke rumah sakit umum daerah Polewali. Setelah dites swab, hasilnya ternyata positif COVID-19. 

Selama ditutup, seluruh perlengkapan seperti bangsal, kotak obat, kasur, meja dan peralatan medis yang digunakan disterilkan dengan cara dijemur lalu disemprot cairan disinfektan. 

Seluruh ruangan seperti ruang IGD, rawat inap, persalinan dan ruangan lainnya juga disterilkan. Selalin itu, seluruh tenaga kesehatan yang pernah kontak dengan pasien tersebut juga dilakukan tes swab. 
"Hari Senin rencana kami alan tes swab massal. Kalau ada yang positif, akan diisolasi mandiri.," pungkasnya. 

Sebelumnya, Puskesmas Matakali juga ditutup sementara pelayanan kesehatannya pada bulan Agustus lalu, setelah belasan tenaga kesehatan di Puskesmas ini melakukan kontak seorang pasien yang positif COVID-19. (Ant/red)

comments