-->

Pj Gubernur Rancang Rest Area PPN Palipi: Akan Jadi Contoh di 6 Kabupaten

On Sabtu, Juli 02, 2022

MASALEMBO.COM

Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik [Foto: ist/masalembo.com]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Penjabat gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik tengah merancang pembangunan rest area di kawasan Pelabuban Perikanan Nusantara (PPN) Palipi, Kabupaten Majene. Saat ini, pihaknya sedang menunggu hasil kajian hukum untuk memuluskan pembangunan rest area di pelabuhan laut Kecamatan Sendana tersebut.

"Selanjutnya akan (kita) mengajukan proposal ke Jakarta, ini baru tahap awal, jelasnya kita ingin aset-aset dioptimalkan untuk pendapatan daerah," kata Akmal Malik saat menggelar kegiatan di PPN Palipi yang sekaligus mengundang berbagai pihak membahas tahap awal pembangunan rest area di lokasi itu, Sabtu, 2 Juli 2022.

Tampak hadir pada kesempatan ini dari Balai Sarana Pemukiman Wilayah (BSPW), Balai Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minuman (BTSPA), Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN), Balai Pengembangan Jasa Konstruksi (BPJK) serta sejumlah pimpinan dan staf Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sulbar. 

Mereka hadir dan melakukan dialog terhadap rencana yang diproyeksikan untuk dapat menambah pendapatan asli daerah di Sulawesi Barat.

Melalui diskusi itu sejumlah pihak telah siap mendukung kebutuhan yang diperlukan untuk menunjang rencana pembangunan rest area. Sebab itu, penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik berterima kasih atas dukungan dari sejumlah pihak yang menyatakan kesiapannya.

Akmal di kesempatan tersebut meminta Biro Hukum Provinsi Sulbar segera menyelesaikan kajian hukum terkait pembangunan rest area dimaksud. Jika tak ada masalah dari sisi hukum penjabat gubernur akan segera melayangkan proposal Kementerian terkait untuk segera merealisasikan rencana itu.

Ia juga mengapresiasi peran DPN Perkasa yang telah membuat desain rest area pelabuhan Palipi Sendana, Majene. Akmal mengklaim rencana pembangunan rest area sebagai bentuk perhatian terhadap sejumlah aset di Sulbar yang belum dimanfaatkan. 

Ia mengaku, memilih PPN palipi sebagai tahap awal yang diharapkan dapat menjadi contoh pembangunan rest area di 6 kabupaten lain di Sulawesi Barat.

"Banyak aset kita yang berpotensi," tutur Akmal optimis.

Wakil bupati Majene Arismunandar yang turut hadir, menyampaikan dukungan dan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Sulawesi Barat yang memberikan perhatian terhadap pengembangan daerah khususnya wilayah kabupaten Majene.

Menurut wabup Arismundar dengan ada pembangunan rest area di PPN Palipi berarti telah menghidupkan aktifitas masyarakatnya.

"Ini akan memberikan efek bagi masyarakat Majene, seperti tumbuhnya UMKM dan adanya pendapatan ke daerah," ucap Aris mengaku siap bekerja sama dengan Pemprov Sulbar utamanya menyiapkan SDM untuk diberdayakan dalam rencana pembangunan area di daerah tersebut. (Hr/rIl)

comments